Kerja Praktek di Pertamina Geothermal Energy Area Kamojang Bandung

Posted: August 4, 2012 in Kuliah

Kerja Praktek di Pertamina Geothermal EnergyFoto di hari Terakhir Kerja Praktik di PT Pertamina Geothermal Energy Area Kamojang, Jawa Barat

Assalamualaikum,

Bagi temen-temen yang ingin Kerja Praktik di Pertamina Geothermal Energy Area Kamojang-Unit IV 60 MW, akan saya beritahu bagaimana proses-prosesnya agar diterima kerja praktik disana.

1. Prosedur Pengajuan

Dokumen yang harus disiapkan :

  1. Surat pengantar dari Jurusan/Departemen/Program Studi ybs,
  2. Transkrip nilai asli hingga semester terakhir,
  3. Proposal pengajuan kerja praktik yang  disahkan oleh ketua Jurusan/Departemen/Program Studi ybs , dan
  4. Curriculum vitae/daftar riwayat hidup.

Perlu ditekankan bahwa proposal yang diajukan disertai bidang peminatan masing-masing mahasiswa/i baik KP atau TA agar dengan mudah diproses dan ditempatkan. Untuk bidang teknik (Mesin-Elektro-Geofisika-Instumentasi, dll) biasanya akan ditempatkan di PLTP, sedangkan untuk bidang K3 akan ditempatkan di Workshop K3. Masalah judul dan pembimbing KP disana tidak perlu khawatir. biasanya judul KP akan diperoleh setelah melihat-lihat overview process dan kita sendiri yang menentukan tertarik pada bagian/bidang apa disana. Sama seperti mahasiswa yang ingin mengajukan tugas akhir/skripsi, tidak perlu harus ada judul, karena disana judul untuk tugas akhir tidak terbatas, dapat dikonsultasikan oleh pembimbing disana. Kalau sudah ada judul juga tidak masalah. Have Fun aja lah…hhe

Saya sendiri dijurusan Teknik Mesin awalnya sempat bingung mau ditempatkan dimana dan judul KP-nya apa, tetapi setelah overviev process dan diskusi dengan tenaga ahli disana, permasalahan yang sering terjadi, akhirnya judul KP dapat difiksasikan. Saya ditempatkan di PLTP dengan bidang pemeliharaan dengan pembimbing Bapak Heri dan Bapak Adi. Saya tentunya tidak sendiri dalam menjalankan KP ini, ditemani 3 orang teman saya karena topik yang diberikan memiliki tingkat kompleksitas yang cukup dan harus ditinjau dari berbagai keilmuan.🙂

Setelah jelas, semua dokumen-dokumen tersebut ditujukan dan dikirimkan ke alamat

Kepada : Manager SDM 

PT. Pertamina Geothermal Energy

Skyline Building (Menara Cakrawala), Lantai 8-15

Jl. M. H. Tahmrin No. 9

Jakarta 10340

Nb. Diproposal WAJIB MENCANTUMKAN DAERAH PENEMPATAN KERJA PRAKTIK, yakni di PT Pertamina Geothermal Energy Area Kamojang, Unit-IV 60 MW Desa Laksana, Kecamatan Ibun, Kabupaten Bandung, Jawa Barat

Setelah diajukan, tinggal menunggu saja surat pengajuan KP-nya, sekitar 2-4 minggu. Apabila diterima akan dikirimkan memo penerimaan peserta KP dari daerah tempat KP (pihak PT PGE Kamojang) ke PT PGE Pusat yang selanjutnya akan dikirimkan Fax ke Departemen/Program Studi/Jurusan kita.

Setelah kita memperoleh surat yang menandakan kalau kita diterima, lalu kita sebaiknya mengunjungi lokasi tersebut setidaknya seminggu sebelum pelaksanaan kerja praktik atau tugas akhir.

DESA LAKSANA, KEC. IBUN, KABUPATEN BANDUNG-JAWA BARAT 

Peninjauan lokasi dilakukan untuk :

  1. Mengetahui lokasi secara pasti. Bagi orang Jakarta, Anda bisa naik bus di terminar PS Rambutan atau terminal Lebak Bulus. Naik Bus Karunia Bakti/Primajasa Jurusan Jakarta-Garut (yang lewat TOL Cipularang ya) turun di Alun-alun Tarogong Garut. Ketika sudah sampai Alun-Alun Tarogong, naik angkot warna putih hijau turun di Samarang. Ketika sudah sampai dipertigaan arah PLN (orang mnyebutnya PGE dengan PLN), Anda naik angkot hitam jurusan Kamojang (tulisan KMJ) untuk naik ke lokasi PLN/Pertamina GE. Sekitar 30 menit untuk menempuh dari Samarang ke Kamojang. Biaya angkotnya murah, sama dengan di Jakarta.
  2. Bertemu dengan pihak SDM Kamojang untuk masalah administrasi, seperti pendataan kembali   mahasiswa/siswa yang ingin kerja praktik. Pihak SDM yang bisa anda temu adalah Bapak Djoko Santoso. Biasanya kalau baru pertama kali anda akan diantar Satpam keruangannya. Jangan lupa membawa tanda bukti penerimaan Anda kerja praktik/tugas akhir yang dikirimkan dari Pertamina Pusat ke Jurusan/Proagram Studi Anda.
  3. Mengurus penginapan/akomodasi. Biasanya setelah megurus administrasi, Anda harus mengurus akomodasi. Dari Pihak Pertamina GE biasanya menyediakan mess khusus (kalau tidak penuh). Untuk pemesanan Mess anda bisa menemui Pak Tama. Kalau penuh, Anda bisa mencari penginapan disekitar PGE. Harganya juga relatif murah. Dahulu ketika kami kerja praktik, kami menyewa/kontrak sebuah rumah dengan harga Rp 1.200.000/4 orang yang berlokasi dekat dengan kantor PGE. Masalah makanan, Anda tidak perlu khawatir, disana terdapat berbagai macam makanan sesuai selera Anda, seperti nasi kuning dan aneka lauk-sayur, mie ayam, bakso, warung kecil, toko perlengkapan sehari-hari, fotokopi, jasa aqua galon, bahan-nahan masakan jika ingin memasak, dan sebagainya.

Setelah semua OK, administrasi sudah, akomodasi sudah, lokasi sudah tahu pasti, Anda bisa pulang dan kembali ke sana sehari sebelum tanggal KP/tugas akhir yang dilaksanakan. Tujuannya untuk mengarahkan topik Anda ke Dosen Pembimbing. Anda dapat menemui pihak SDM dan menceritakan topik Anda. usahakan jangan hari libur (sabtu dan minggu) paling tidak, jika Anda KP hari Senin, Anda bertemu yang kedua kalinyha untuk membahas masalah pembimbing KP dan topiknya adalah hari Jumat. Berikut

  1. Jika topik Anda terkait Safety/K3, Anda akan ditempatkan di Workshop HSE
  2. Jika topik Anda terkait Geo-logi/fisika/kimia, Anda akan ditempatkan workshop penelitian geothermal.
  3. Jika topik Anda terkait maintenance, sistem kerja PLTP, proyek, dan keteknikan, Anda akan ditempatkan di PLTP pusat Unit IV.

Biasanya nanti pihak PGE akan mengantarkan Anda kepada pembimbing ketika hari pertama pelaksanaan KP/tugas akhir.

 

UNTUK CONTOH PROPOSAL KP PGE SILAKAN UNDUH DISINI

to be continued

Comments
  1. Anne Katherina says:

    Siang mas, saya Anne dari Universitas Diponegoro. Saya mau mengajukan proposal KP ke PT Pertamina Geothermal Energy Area Kamojang ini. Kalau boleh, saya minta CP mas ali untuk tanya-tanya lebih lanjut.
    Email saya: annekatherina@yahoo.com

  2. rachmat pnj says:

    bang gimana kabarnya? kaga ada kabar setelah pulang nih ahha… minta no nya dong bang ali,bang kevin,bang zulham,bang mahdi ahahha

  3. ayu says:

    Assalamualaikum. Selamat sore mas Ali. Saya ayu mahasiswa K3 Universitas Indonesia. Kebetulan sedang mencari tempat magang dan menemukan blog ini. Dan sangat tertarik untuk mengajukan proposal magang ke pertamina kamojang ini. Bolehkah saya meminta CP mas Ali untuk menanyakan info-info lebih lanjut? Saya tunggu balasannya diemail saya ayudwiryanti@gmail.com ya mas. Atas kesediaannya saya mengucapkan terima kasih.

  4. Ted says:

    Ass..wr…wb
    mas biasanya klo KP disana, untuk IP ada patokannya gak?

    • alisungkar14 says:

      Waalaikumsalam, tidak ada seleksi IP, seleksinya biasanya kalau kuota sudah penuh atau ketersediaan pembimbing sudah tidak ada biasanya ada surat penolakan gitu, tapi coba apply jauh2 hari, misal KP bulan juli/juni apply 6 bulan sebelumnya..

  5. Muhammad Noble H says:

    Assalamu’alaikum.
    Saya Noble, dari Politeknik Negeri Sriwijaya. Bermanfaat ini blognya utk berbagi pengalaman. hehe…
    Saya dkk diterima KP di PGE Kamojang utk bulan Juli nanti. gimana untuk komunikasi selama di kamojang sana Bang? soalnya pas KP nanti saya juga mau bawa modem, dan saya pake modem smartfren. Di sana dapet gak Bang sinyal smartfren?
    mohon pencerahannya. terima kasih🙂

    • alisungkar14 says:

      Huaa..akhirnya ada juga yg nerusin..hhe
      mengenai kontrakan sebaiknya menghubungi Pak Tama-orang yg mengurus akomodasi dll-dan harus di calling terus akan kesediaannya…cb menghubungi pihak SDM sana untuk meminta klarifikasi apakah masih ada akomodasi yg tersedia. Kalau penuh ya cari disekitar situ..ad banyak banget..tenang aja..
      gw waktu itu 2 jam dapet..hhe

      Komunikasi HP bisa…hha

      oh ya..modem waktu itu gw jg bawa tapi ga bs dipake,,susah dapet signal, tapi tnang aja..disana full wifi…baik dikantornya maupun di tempat PLTPnya..

      tks

  6. dhito says:

    bang ane dari T.Mesin UGM nih.. rencana mau KP di PGE.. ane bisa mnta contoh proposalnya ga? kalo bisa email aja ke saya dhito.fasagi@gmail.com

  7. Calvin says:

    Calvin, Teknik Fisika UGM
    calvinsandehang@gmail.com

    Bang bisa minta contoh proposalnya juga? Mohon dikirimkan ke e-mail saya. Waktu kasus abang, berapa lama rentang waktu surat diterima KP sampai ke jurusan abang? Terimakasih, mohon bantuannya

  8. calvin ms says:

    Calvin – Teknik Fisika UGM, Bisa tolong kirim contoh proposalnya ke email saya? Calvinsandehang@gmail.com

    Terimakasih atas bantuannya

  9. ciptananda says:

    Nice info bang. Lagi minat juga untuk kp di PGE. Saya Ciptanada dari D4 SPE PENS mau nanya. Bang ali kirim proposal Hmin berapa bulan KP?. Trus lama KP berapa bulan?. Soalnya diprodi saya mengharuskan KP selama 2 bulan efektif. Apakah diperbolehkan ikut turun kerja ke lapangan?. tidak sebatas pengambilan data. maaf klo banyak nanya. Ditunggu bang ali. Terima kasih..

  10. ridha says:

    Selamat siang
    Bang mau tanya, untuk judul KP menentukannya apakah kita harus kontak orang PGE dulu atau nanti ditentuka saat kita KP? Boleh saya minta emailnya untuk tanya lebih lanjut
    Makasi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s