Lebih Mengakrabkan Diri dengan Al-Qur’an

Posted: August 16, 2012 in Islam
Tags:

Tepat di malam 27 Ramadhan 1432, bertempat di Masjid Agung At-Tin, Pusat Kajian Hadis meluncurkan program barunya yaitu  DVD Interaktif Indeks Tematik al-Qur’an.

Di malam ganjil sepuluh hari terakhir Ramadhan itu, dengan dihadiri tidak kurang dua ribuan jamaah, Program yang bertujuan mempermudah ummat Islam untuk kembali ke al-Qur’an, menjadikan al-Qur’an sebagai petunjuk hidupnya, menjadikan al-Qur’an sebagai solusi dari setiap masalah yang dihadapinya, itu diperkenalkan.

Karya DR Ahmad Lutfi Fathullah, MA ini memuat dan mengklasifikan 2818 tema yang terkandung dalam al-Qur’an. Tema-tema tersebut dibagi dalam 8 tema besar dan hampir 50 sub tema. Kedelapan tema besar di maksud adalah: Aqidah, Akhlak, Syari’ah, Ilmu, Kisah, Alam Dunia, Alam Gha’ib dan Alam Akhirat.

Apa itu Indek Tematik al-Qur’an Digital ?

Program ini adalah membuatkan tema besar al-Qur’an, lalu sub tema, kemudian masuk ke tema kecil. Kadangkala, sebelum sampai pada tema kecil, diperlukan 2 langkah di sub tema satu dan sub tema dua. Jumlah tema kecil yang terangkum adalah sebanyak 2818.

Pada tema kecil, data ayat-ayat al-Qur’an yang berkaitan dengan tema dimaksud dipaparkan. Jika terdapat dua ayat atau lebih, maka pengguna dapat memilih ayat yang dikehendaki. Jika ingin melihat keseluruhannya, maka diarahkan kursornya satu persatu secara menurun.

Sebagai contoh. Ketika membuka tema Alam Akhirat, maka 7 tema akan muncul: Kebangkitan, Kiamat, Mahsyar, Timbangan/Mizan, Jembatan/Shirat, Surga dan Neraka. Lalu klik satu dari tujuh tema yang ada akan tema-tema kecil yang jika diklik akan muncul ayat-ayat al-Qur’an yang berkaitan dengan tema dimaksud.

Tidak hanya sampai di situ, selain setiap ayat yang muncul akan disertai terjemahnya, di setiap ayat yang dipilih dapat juga didengar suaranya. Terdapat dua pilihan qori’, Syeikh al-Khusori dan Syeikh Khuzaifi.

DVD Interaktif: Indeks Tematik al-Quran

Al-Qur’an sebagai kitab suci umat Islam tidaklah diperdebatkan oleh umatnya. Al-Qur’an berfungsi sebagai petunjuk, penjelas, pengingat, obat dan syafa’at buat umat Islam, juga tidak diperselisihkan. Untuk kepentingan tersebut maka al-Qur’an harus diamalkan ajarannya, baik berupa larangan maupun perintah, juga tidak disangsikan. Lalu jalan untuk mencapai hal itu adalah dengan membaca, memahami, mengerti dan mengkaji adalah suatu keniscayaan.

Pertanyaan dari kesepakatan tadi adalah: Sudah sejauh mana hubungan dan keakraban kita dengan al-Qur’an? Sudah sampai tahap apa kedekatan kita dengan al-Qur’an? Apakah baru sekedar membacanya? Atau sudah meningkat menjadi menghafalnya? Lalu sudahkan kita mempelajarinya dengan mencoba mengerti, memahami dan mengkajinya lebih dalam lagi? Lalu sudah sejauh mana al-Qur’an itu menjadi pedoman dan tuntunan dalam hidup kita?

Sudah menjadi takdir dan kehendak Allah swt menurunkan al-Qur’an dalam bahasa Arab, dan sudah menjadi suratan juga bahwa orang Indonesia berbahasa ibu bukan bahasa Arab. Walhasil, buat mayoritas mutlak orang Indonesia, ada dua permasalahan di sini, besaran al-Qur’an dan bahasa yang digunakan.

Realitas yang ada, mayoritas mutlak orang muslim Indonesia tidak hafal al-Qur’an dan tidak mengerti bahasa Arab.

Melalui Indeks Tematik al-Qur’an Digital ini, problem diatas sedikitnya sudah bisa diatasi. Pengguna akan dengan mudah melihat masalah dan bahasan yang ada dalam al-Qur’an, demikian pula dengan pencarian tema tertentu. Melalui pintu tema Aqidah, Akhlak, Fiqh, Ilmu, Kisah, Alam Dunia, Alam Ghaib dan Alam Akhirat, semua pokok bahasa al-Qur’an terkandung di dalamnya. Langkah berikutnya adalah, ayo kita  amalkan pesan-pesannya.

pesan_produk

Keterangan:

Harga: Rp. 50.000,- per DVD (diluar ongkos kirim)

Cara pembelian:
Melalui Toko Online: www.geraiPKH.com
Melalui Email: pusatkajianhadis[at]gmail.com
Melalui Telpon: 021.97943394
Melalui Telpon/SMS: 0818.996.994

Atau datang langsung ke:

Pusat Kajian Hadis
Komp. Masjid Baitul Mughni
Jl. Gatot Subroto Kav. 26, Kuningan
Jakarta, Indonesia .

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s