University Rankings THE-QS 2012-2013: Universitas Indonesia di Posisi 273 Dunia, Terbaik di Indonesia.

Posted: September 12, 2012 in Informasi

https://i2.wp.com/www.qs.com/images/wur13.jpg

Massachusetts Institute of Technology di Amerika Serikat menggantikan posisi Universitas Cambridge di Inggris dalam daftar universitas terbaik di dunia. Pada saat yang sama, University College London naik ke posisi ke empat dalam daftar itu, menempatkannya di atas Oxford University yang bertahan di posisi kelima. Dalam tabel yang disusun oleh QS World University Rankings itu, empat dari enam universitas terkemuka dalam daftar tersebut berada di Inggris.

https://i1.wp.com/cloudfront.bostinno.com/wp-content/uploads/2012/09/Picture-211.png

Dalam daftar terbaru ini, banyak universitas yang mengalami “lonjakan” dan turun tajam. MIT ada di posisi ketiga dalam daftar tahun lalu. University College London naik dari nomor tujuh tahun lalu menjadi nomor empat dalam peringkat baru.  Imperial College London berada di peringkat keenam, yang berarti untuk pertama kalinya masuk dalam daftar enam universitas terkemuka di dunia. Inggris memiliki total 18 universitas dalam daftar 100 besar.

Harvard University, yang memegang posisi teratas selama enam tahun antara 2004 hingga 2009, berada di peringkat ketiga dalam daftar itu. QS World University Rankings disusun dengan menggunakan enam indikator antara lain reputasi akademis, reputasi employer, rasio dosen atau mahasiswa, serta rasio mahasiswa internasional. Hasil didasarkan pada survei lebih dari 46 ribu akademisi dan 28 ribu pengusaha. Proporsi siswa internasional di institusi dipandang sebagai indikator keanekaragaman universitas dan daya tarik internasional.

John O’Leary, editor Times Good University Guide menyatakan penting bagi universitas di Inggris untuk menata diri kembali agar menjadi yang teratas dalam soal mutu. “Terutama dalam hal riset dan perekrutan siswa internasional,” katanya. Berikut ini 10 besar universitas terbaik di dunia dan posisi mereka tahun lalu (dalam kurung):

1. Massachusetts Institute of Technology (3)
2. Cambridge University (1)
3. Harvard University (2)
4. University College London (7)
5. Oxford University (5)
6. Imperial College London (6)
7. Yale University (4)
8. University of Chicago (8)
9. Princeton University (13)
10. California Institute of Technology (12)

Peringkat Universitas Indonesia di Level Dunia

Menurut survei QS, UI tahun 2012 menduduki posisi peringkat 273 dunia dengan skor 59,68. Sebuah pergeseran prestasi yang tentunya sangat disayangkan mengingat pihak rektorat sudah berupaya semaksimal mungkin untuk menjaga bahkan meningkatkan peringkat UI di level dunia.

https://i2.wp.com/www.topuniversities.com/sites/default/files/imagecache/asset_info_full/articles/world-university-rankings_7.gifUniversitas Indonesia Ranking THE-QS 2012/2013

Overall : 273
Social Sciences & Management : 139
Natural Sciences 355
Life Sciences & Medicine : 186
Engineering & Technology : 243
Arts & Humanities  : 197

Walaupun demikian, UI masih menjadi yang terbaik di Indonesia, menurut versi QS, sebab dua perguruan tinggi ternama lain di Indonesia yakni Universitas Gadjah Mada (UGM) dan Institut Teknologi Bandung (ITB) hanya menempati posisi 400-500 dunia.

Survei yang dilakukan oleh QS kepada lebih dari 15.000 akademisi termasuk diantaranya 700 pimpinan universitas, memeringkatkan universitas di seluruh dunia berdasarkan seberapa banyak hasil riset terbaik di masing – masing bidang keilmuan dan wilayah kepakaran yang telah diaplikasikan dan dipublikasikan. Pemeringkatan universitas kelas dunia ini juga didasarkan reputasi pegawai, kekuatan riset, pengajaran serta komitmen internasionalnya. UI mungkin unggul dalam komitmen internasionalnya dengan banyak melakukan kerjasama dengan universitas – universitas di luar negeri dan pembukaan kelas – kelas internasional baru. Namun, dapat dikatakan universitas ini masih sangat lemah dalam bidang riset dan kepakaran.

Data dari Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat (DRPM) pada tahun 2009 menunjukkan, proposal riset yang masuk ke DRPM hanya berjumlah 609 proposal. Jumlah yang sangat kecil untuk ukuran universitas sekelas UI yang berkeinginan menjadi world class university. Sementara itu, publikasi jurnal internasional pun tergolong minim. Terbukti data yang didapatkan dari website resmi UI hanya memperlihatkan 10 jurnal yang masuk ke dalam kategori jurnal internasional pada periode 2005 – 2009. Padahal, kesempatan untuk melakukan penelitian bagi akademisi UI sangat luas, terbukti dari banyaknya kesempatan yang ditawarkan oleh DRPM dengan banyak variasi dan jenis, mulai dari hibah riset kompetensi, penelitian awal, riset peneliti muda, dan lain sebagainya.

Apa yang salah dengan riset di UI? Mengapa jumlah proposal riset yang masuk sangat sedikit? Seperti dikutip dari website resmi DRPM UI, kegiatan riset di lingkungan Universitas Indonesia dilakukan oleh tenaga akademik dan mahasiswa. Kegiatan riset yang dilakukan oleh tenaga akademik difasilitasi universitas melalui Riset Unggulan Universitas Indonesia (RUUI), S2/S3, dan multidisiplin yang dilaksanakan setiap tahun. Riset yang dilakukan oleh mahasiswa S1 sebagai salah satu kegiatan mahasiswa yang berkaitan dengan penalaran dikoordinasi oleh Direktorat Kemahasiswaan dan Alumni (DIRMAWA) UI.

UI di Level ASIA

Universitas Indonesia (UI) berada di peringkat 59 di Asia dalam kategori universitas terbaik versi QS Asian Ranking University 2012. Pencapaian UI mempertahankan peringkat yang terbaik di negeri ini didasarkan pada enam parameter pemeringkatan yang dinilai QS World University Ranking, yaitu academic reputation, employer reputation, student/faculty ratio, citations per faculty, international faculty dan international students.

Sementara itu, beberapa universitas lainnya seperti Institut Teknologi Bandung (ITB) berada diperingkat 113, (skor 42,69), Universitas Gadjah Mada (UGM) peringkat 118 (skor 42,21), dan Universitas Airlangga (Unair) pada Peringkat 135 skor (39,42). Ada sekitar 600 perguruan tinggi terbaik di dunia yang dinilai berdasarkan lima bidang keilmuan yaitu Arts and Humanities, Engineering and Technology, Life Sciences and Medicine, Natural Science, Social Sciences & Management

Salah satu indikator penilaian dalam QS World Ranking University adalah kegiatan riset. Dana riset yang dikembangkan UI mencapai Rp 18,29 miliar untuk 1.587 kegiatan riset.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s