Jangan Takut Masuk UI, Mulai 2013 UI Bebas Uang Pangkal.

Posted: January 16, 2013 in Akademik, Beasiswa, Tentang UI

ui

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan akan menanggung seluruh biaya operasional perguruan tinggi negeri (PTN).  Bantuan tersebut berasal dari operasional PTN (BOPTN) 2013.  Dengan demikian mulai tahun depan, Kemendikbud akan memberlakukan uang kuliah tunggal, sehingga mahasiswa hanya dipungut satu kali per semester.

“BOPTN diharapkan menggantikan PNBP (penerimaan negara bukan pajak) yang berasal dari sumbangan pengembangan institusi, apakah uang gedung, jaket, wisuda, dan lainnya.” “Nanti kalau itu sudah diganti oleh BOPTN tentu mahasiswa hanya membayar SPP saja,” kata Dirjen Dikti Kemendikbud, Djoko Santoso di Jakarta, Rabu (11/7).

Mantan Rektor ITB ini menjelaskan BOPTN direncanakan akan diberikan sekitar Agustus 2012.  Itu sebabnya Kemendikbud menginstruksikan agar PTN tidak menaikkan SPP dan menurunkan uang pangkal.  Adapun besaran penurunan uang pangkal diserahkan kepada PTN masing-masing, karena BOPTN tahun ini belum dapat menutupi semua kebutuhan operasional PTN.

Dikatakan alokasi BOPTN berbeda-beda untuk setiap PTN tergantung angka kebutuhan operasional.  Total BOPTN yang disiapkan pemerintah untuk 61 PTN adalah 10 persen dari jumlah PNBP yaitu sekitar Rp1,2 triliun.  Sebelumnya, Mendikbud M Nuh mengusulkan agar RUU Pendidikan Tinggi menyebutkan adanya bantuan operasional untuk PTN sebesar 2,5% dari anggaran fungsi pendidikan.  Pemerintah juga mewajibkan 30% dari bantuan operasional itu dipakai untuk penelitian.

MULAI SEKARANG, JANGAN TAKUT MASUK UI…ini dikutip dari website resmi UI. silakan unduh disini info UI bebas uang pangkal :

http://humas.ui.ac.id/sites/default/files/Brosur_PMB_UI2013-rev15jan.pdf

ui2

ui3

ui4

ui32

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s